Laman

Rabu, 29 Mei 2013

Negri dongeng papah

Ini cerita papah. Tadinya, papah mau numpahin aspirasinya dalam bentuk dongeng di sebuah jejaring sosial. Tapi berhubung gue ga pinter nyusun kisah, jadi gue mau tulis aja apa yang papah omongin disini, bukan di negri dongeng.

Well, waktu itu sekitar jam tujuh malem. Gue sama papah lagi nonton. Ga cuma kita sih, ada mamah sama Ngkis juga. Fyi, papah ini punya pola tidur yang aneh. Tidur jam 5 pagi dan bangun siang, kalau sore biasanya ada tapi ga ada. Ga pasti posisinya dimana, tapi pasti ada disini. Jadi kalau malam itu gue sama papah bisa ngobrol, gue percaya itu bukan kebetulan. Oke ini lebay, sebenernya gue sama bokap biasa aja wkwk tapi berhubung judulnya negri dongeng papah, boleh lahya unsur dramanya dimasukin.
Jadi kita waktu itu lg nonton berita, ttg kenaikan bbm. Menurut papah, kalau mau dinaikin, langsung naik kaya harga minyak dunia aja, malah kalau bisa lebih tinggi.
Gue ga terlalu ngerti soal harga minyak bumi, soal hutang negara, soal berapa banyak uang yang dipake buat subsidi bbm. Tapi yang gue tau, bbm dinaikin seribu aja demo dimana mana, apalagi kalau harganya sampe belasan ribu. Jadi, berbekal ke sok-tahu-an, gue protes.
Kata papah, papah ga pengen jadi politisi, apalagi mimpin orang orang dalam arti dipemerintahan. Tapi kalau papah boleh usul, mungkin papah bakalan nyaranin bbm dinaikin kaya tadi tapi semua bahan pokok kaya beras mie minyak goreng dsb dipegang pemerintah. Biarlah bbm naik, toh orang orang protes karna kalau bbm naik harga barang pokok naik kan? Sekarang bahan pokoknya dipegang pemerintah, mungkin bakalan ribet apalagi papah maunya subsidi buaat bbm dialihkan ke bahan pokok tadi. Jadi misalnya beras yg harusnya lima ribu jadi tiga ribu. Terserah orang mau jual dgn harga lebih mahal, ga mungkin ada yg beli ini. Lagi menurut papah, kebutuhan pokok manusia kan salah satunya pangan. Kalau lo sebagai kepala keluarga ga bisa ngasih makan, pasti kejahatan dimana mana. Tapi kalau perut keluarga lu kenyang, baru lo bisa mikir hal lain, cari kerja misalnya. Dan berbekal ke soktahuan gue lagi, gue ga setuju. Kalau bahan pokok dipegang pemerintah, ada banyak pedagang beras yang gulung tikar dong? Trus nasib mereka gimana? Papah bilang pekerjaan mah banyak, lagian kalau dipegang pemerintahpun, pemerintah masih butuh orang buat ngelola ya mereka sangat bisa diikutsertakan. Percakapan selanjutnya gue lupa, atau mungkin emang obrolan kita ngambang, gapunya kesimpulan.
Jadi itu negri dongeng versi papah, dimana bahan pokok murah. Biarlah bbm mahal, toh yang pake bbm banyak orang luar dengan pabrik pabriknya. Rakyat kecil cuma perlu makan. Biarlah harga elektronik ikutan naik, toh ga semua orang butuh barang elektronik secara terus menerus, ya kecuali orang orang dengan kbutuhan khusus di kota kota besar. Yang rakyat perlu cuma kesejahteraan. Mungkin agak sulit merealisasikannya, toh ini cuma negri dongeng :b

Published with Blogger-droid v2.0.6

Minggu, 28 April 2013

17 yang terakhir

Hai. Udah lama ga ngepost. Kagok.
Well, hari ini hari terakhir umur ke 17 gue.
Dan rasanya kacau
Entah. Udah gede masih moody aja.
Gatau, gue juga bingung.
Haha iya, postnya ga penting emang.
Hahaha lucu.
Ngga deh, ga ada yang perlu diketawain.
Rasanya aneh.
Ehm ngga deh biasa aja.
Udah ga butuh.
haha.
Oh yaudah.
Dadah.

Published with Blogger-droid v2.0.6

Minggu, 17 Maret 2013

Tuhan Yesus baik.

Entah ini curhat atau apa tapi gue galau.
FYI, gue ga kekurangan temen curhat, gue cuma mau lo orang tau dan kemdian bisa ingetin gue suatu saat nanti kalau gue bukan apa apa.
Jadi gini, gue amat teramat sangat percaya Tuhan punya rencana indah buat gue, di masa depan. Dan itu pasti tergenapi. Tapi sekarang, entah gue ngliat semuanya terlalu gelap, ga ada bayangan sama sekali soal janji Tuhan tentang gue kedepannya.
Well, beberapa bulan terakhir bokap bilang gue ga usah kuliah, ga ada duit. Padahal gue mau ngajuin bidik misi aja bokap gamau bikin sktm. Entah karena malu atau emang mau ngasih kesempatan ke orang lain buat ikutan bidikmisi. Dan sebagai anak yang entah kenapa telah menjadi sangat idealis, gue berontak. Gue mau kuliah. Dasar yang gue pegang, Tuhan pasti cukupin semuanya. Kalau Tuhan aja bisa ngasih uang ssegitu banyak buat pengobatan Iyang (dulu Iyang sakit Histiositosis, kemo 1,5 tahun dan biayana ratusan juta) padahal kita ga punya apa apa, masa iya cuma buat kuliah gue Tuhan ga sanggup. Gue percaya mujizat ga akan datang kalau gue mampu, kalau kita kuat, kalau kita pinter. Jadi gue ngotot, tetep ikut SNMPTN. Dan gue optimis, bukan lewat SNMPTN Tuhan bakal bawa gue ke ITB, mungkin lewat jalur tulis.
Di lain sisi gue juga plinplan banget. Gampang kepengaruh. Gue tanya lagi ke Tuhan, Tuhan ngebolehin gue kuliah atau ngga. Tapi gue malah bingung.
Otak idealis gue kemudian bergeser menjadi realistis. Gue mikir omongan mama papa ada benernya. Okelah buat semester pertama kedua gue ada duit, tapi.ke depannya? Dan lagi kalau gue ke Bandung, ga mungkin mamah papah g nganter. Padahal yang disini gabisa ditinggal. Mungkin gue akan ngerepotin aja nantinya.
Dan kemudian terbesit di pikiran gue, Tuhan mungkin jawab doa gue lewat mamah papah. Dan itu nyesek.. Idealis atau realis.. Iman atau zona nyaman.
Peraturan SBMPTN udah keluar, gue gatau bisa daftar atau ngga. Gue belajar, tapi target yang ada di depan sana terlalu remang remang. Kalau nanti gue test, apa iya papah mamah gatau. Dan pasti nyesek banget waku lo butuh dukungan lo malah harus diem diem biar masalahnya ga timbul. Fyi, gue g punya ktp. Salah satu pergumulan gue yang lain haha dan gue juga ga ada akte. Lengkap ya? Haha
Anyway sekali lagi, gue nulis bukan buat dikasihanin, bukan mau pamer masalah juga, cuma ya sebagai arsip aja. Kalau nanti Tuhan udah nunjukin kuasaNya, kalian harus percaya Tuhan gue baik.
Dan jadi apapun gue nanti, itu semata mata karna Tuhan, bukan gue.

"Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku." Mazmur 66:20. God bless you all.

Published with Blogger-droid v2.0.6

Sabtu, 09 Maret 2013

Gausah bawel

Pagi ini di rumah gue ada sedikit kejadian lucu.
Jadi ceritanya Iyang, ade gue yang paling kecil ulang tahun. Nah nyokap rencananya mau ngebeliin sesuatu gitu makanya nanti siang mau pergi. Dan dodolnya barusan Iang malah bilang 'Mah belinya di pasar ya' Ade gue yang ini emang sering dibawa nyokap ke pasar buat beli sayuran. Jadi otomatis pasar yang dia maksud itu ya pasar tradisional, padahal nyokap rencananya mau ngajak ke pusat perbelanjaan, biar dia bisa milih. Gue sih mikirnya itu konyol, mau dikasih yang bagus malah minta yang biasa aja.
Dan ga berapa lama nyokap juga bilang Ngkis, adek gue yang pertama pulang sekolah mau langsung latihan bola. Nyokap sih udah ngasih ancang mau ngasih duit brapa, soalnya dia belom sarapan. Eh ga lama dari Iyang, Ngkis bilang "Mah Ngkis mint uangnya 30rbu ya" padahal nyokap bilang mau ngasih duit 35rbu, buat makan siang sekalian. Kebayang ga sih? Konyol banget kan?
Dari situ gue diingetin, kalau nyokap gue yang notabenenya masih manusia dan punya kasih terbatas aja udah nyiapin yang terbaik buat anak anaknya, apalagi Bapa di sorga. Dan justru kita kadang malah minta yang biasa biasa aja padahal disana rancangan Tuhan itu jauhhhh lebih keren dari yang bisa lo bayangin.
Kaya gue, ngerengek mulu ke Tuhan minta jadi maba ITB, padahal mungkin di rancangan Tuhan gue bakalan jadi sesuatu yang lebih.
Ayat yang diingetin ke gue sih
Matius 7:11a  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga!

Jangab takut guys, Tuhan punya rancangan terbaik buat lo dan ini bukan hoax.

Published with Blogger-droid v2.0.6

Senin, 25 Februari 2013

Kamis, 21 Februari 2013

Tumpah di tumblr.

Published with Blogger-droid v2.0.6

Minggu, 03 Februari 2013

.

Gue disini susah ngapa ngapain dan lo disana masih bisa main futsal? Wah hebat ya :)

Published with Blogger-droid v2.0.6

Senin, 21 Januari 2013

blablabla

gue sering deh, baca tweet atau status orang yang isinya 'lebih enak pdkt dibanding pacaran' atau 'lebih enak pas pertama jadian.'
ga salah sih, gue pribadi juga sering ngerasa gitu. catet ya, sering!
oke, sebelum post kali ini berubah jadi curhatan, kita balik ke pokok persoalan.

well, setelah gue merenung dalam jangka waktu yang tidak sedikit jika memiliki satuan sekon (abaikan) gue akhirnya menemukan alasan mengapa kalimat kalimat tersebut akhirnya lahir. alasan ini (dengan bangga) gue kasih nama #TeoriThere
tanpa mengurangi rasa hormat terhadap pencetus pencetus teori di bidang lain, mari kita simak teori gue.
ini mungkin ga penting, jadi sangat disarankan untuk berhenti membaca saat mood anda sudah berubah. okesip.

jadi menurut gue, ada dua alasan kenapa orang bisa bosen atau males sama hubungannya yang (katanya) ga kaya dulu.

pertama, mungkin karena yang diawal itu sifat asli pasangan lo, dan yang sekarang itu hasil modifikasinya.

jadi gini, waktu masih pdkt atau baru jadian, respon/sifat yang doi tunjukin itu mungkin emang respon alaminya kalau ngadepin sesuatu.
nih misal lo ngambek, respon spontan doi mungkin minta maaf atau ngirim sms bertubi tubi sampe lo maafin. dan kalau doi lakuin itu terus terusan, secara ga sadar lo bakalan terbiasa. tapi secara ga sadar juga (karena emosi) lo mungkin bakalan marah. marah karna doi nyepam hingga akhinya keluarlah kalimat "kamu kok blablabla jadi pacar tu blablabla dong" nah setelah itu dia mikir dan akhinya kalau lo marah dia mungkin akan minta maaf, tapi cuma sekali. takut lo marah, takut lo keganggu. padahal kaya yang gue bilang tadi sebenernya lo udah terbiasa sama respon alaminya, sampe endingnya lo bakalan bilang waktu pdkt itu lebih asik dari sekarang.

kedua, mungkin karena doi waktu lo pdkt/awal jadian itu sifatnya masih yang boongan, buat narik perhatian lo.
yang kedua ini sih udah pada tau pasti. jadi menurut teori kedua ini, sifat doi yang lo liat sekarang mungkin emang sifat aslinya. manis di awal, asem ditengah, sepet di akhir. ga perlu dibahas panjang ya, nalar aja.

yang ketiga, mungkin karena lo sendiri belum siap buat terlibat sama hubungan yang melibatkan emosi. emosi di sini ga cuma amarah, tapi ya macem macem. lo terlalu terlena sama rasa nyaman pas pdkt atau standar bahagia lo terlalu tinggi sampe akhirnya waktu ada sedikit masalah lo cuma bisa ngeluh dan nyalahin keadaan atau objek lain sampe akhinya muncullah kalimat tersebut diatas. ga salah, cuma ga pas.

nah sekarang coba tanya diri sendiri kira kira berubahnya rasa nyaman lo itu karena sifat pasangan lo yang berubah atau ternyata lo sendiri yang jadi objek perubahan? :p

NB: post ini cuma uraian semata, tidak layak dijadikan alasan putus, belum pernah diuji dalam percobaan berulang, dan hanya kumpulan kata belaka.

Published with Blogger-droid v2.0.6

Minggu, 20 Januari 2013

teman

aku tak mengerti, dimana logika ketika rindu tumpah ruah di objek yang salah.
aku tak mengerti, dimana logika ketika hati tak dapat berhenti berfikir tentang mereka yang melukai.
aku tak mengerti, dimana logika ketika diri masih menanti untuk disakiti.
aku tak mengerti, dimana logika ketika senyum merekah justru disaat air mata siap tumpah.
aku tak mengerti, dimana logika ketika mereka selalu punya kesempatan kedua untuk orang yang telah menyiapkan beribu alasan untuk menghancurkannya.
aku tak mengerti, dimana logika hingga membiarkan ia mengurai derita untuk kesekian kali.
aku tak mngerti, mengapa logika hanya diam justru ketika orang orang dengan kasih sayang penuh itu disia-siakan.

Published with Blogger-droid v2.0.6

Sabtu, 19 Januari 2013

kemarin

kamu ga perlu tau seberapa keras saya berusaha. yang perlu kamu ingat, jadi apapun saya nanti adalah semata mata karena kebesaran Tuhan saya, bukan kerja keras saya sendiri.

Published with Blogger-droid v2.0.6

Senin, 14 Januari 2013

140113

jadi dulu, waktu ada sedikit konflik, gue pernah minta, kalau gue sama kapres endingnya ga bagus, gue minta supaya Tuhan bikin kapresnya suka sama orang.  Dan kayanya sekarang gue harus siap buat sakit hati..

Published with Blogger-droid v2.0.6

Hari ini, 14012013.

gue bukan orang pinter, bukan.
nilai gue pas pasan, gue tau.
disana, ada banyak yang lebih.
Tapi soal mimpi, gue puny kriteria tinggi.
Dan lo tau? rasanya tu nyamaaannnn banget ada di atmosfir mimpi.
saat temen temen lo nargetin unive impian mereka, dan kita sama sama ngucap amen.
gue yakin Tuhan denger, Tuhan gue yang luar biasa baik, ngedenger amen kita guys. Tuhan denger.
Gue mau di ITB. mungkin nekat, tapi gue cuma  percaya, mujizat ga akan terjadi kalau lo cukup kuat dan cukup pintar.
itu sebabnya SF ITB jadi pilihan, karna gue terlampau percaya, Tuhan akan ngebuat semua yang mustahil jadi mungkin.
Dan nanti, kalau gue sukses, lo smua harus inget, bukan gue yang keren, tapi Tuhan yang terlampau hebat. Tuhan Yesus yang sangat sangat sangat sangat canggih.
gue bukan apa apa.
kita bukan apa apa.
Tuhan harus semakin besar dan gue semakin kecil.
FK UNPAD, FMIPA ITB, SF ITB, FKG UNPAD, FPMIPA UPI, IPB, UGM, UNDIP, itu semua punya Tuhan kok, gausah takut. kalau Tuhan yang punya, ya lo harus deket sama Tuhan biar Tuhan ijinin kita  masuk.
di setiap target ada mimpi.
setiap mimpi punya harapan, dan kita cuma perlu iman buat ngebuat semuanya jadi nyata.
usaha? waktu kita punya iman, kita akan dengan sukarela ngelakuin kewajiban kita. jadi usaha itu menurut gue sepaket sama iman. karena iman tanpa perbuatan itu mati. karena kita cuma perlu ngelakuin bagian kita dan ada saatnya nanti kita perlu bilang "Wow" atas apa yang udah Tuhan buat dalam hidup kita.
yeay dalam nama Tuhan Yesus, SF ITB 2013.

nb: buat @unesco_01, i proud to be a part of this awesome class, i proud to be a part of you guys!!!!! saya bangga pernah kenal kalian! :)

Published with Blogger-droid v2.0.6

Jumat, 04 Januari 2013

Thank You 2012, Welcome 2013 [Theresa Apriliani Tanudjaya]

Tahun ini, dimulai hari ini.

pengabaian itu mudah, pengabaian itu sederhana. Mengabaikan hari ini berarti mengabaikan 1/365 tahun. Dan aku telah membuang 86400 detik, selama 365 hari. untuk makan, untuk tidur, untuk rutinitas, dan bermimpi. hanya mimpi.

Untuk 2012,
ketika terbangun, ada mimpi baru yang aku bentuk. semangat baru untuk mewujudkannya, dan kemudian menguap seiring bertambah tingginya mentari. terus berlalu, hingga aku sadar telah berada di penghujung, kemudian melihat ke belakang, dan tau tak banyak resolusi besar terjadi disana.
aku naik kelas.
aku tujuh belas tahun dan belum memegang kartu tanda penduduk, padahal di awal tahun aku sangat mndambakannya. dewasa.
aku dibaptis.
aku mngunjungi beberapa universitas besar negri ini. melirik masa depan, tapi belum menginjakkan kaki di tempat pencapaian terbesarku nanti. Institut Teknologi Bandung.
aku menemukan sedikit ketertarikan akan kerajinan tangan dan rajutan. walau barang yang aku hasilkan mungkin akan mmbuatmu kapok melihat kerajinan dengan jenis yang sama. terlalu...
aku menyiapkan banyak buku, rangkuman pelajaran yang belum tersentuh. usaha maksimal menyongsong mimpi. walau aku tau di luar sana ada lebih banyak orang yang telah mengambil tindakan nyata, membaca misalnya.
aku mencoba mnulis naskah, dan hanya berlangsung sampai tiga bab pertama kemudian mngulangnya dari awal. selalu begitu hingga tak ada satu pun daripadanya yang berhasil menjadi utuh.
jadi tahun 2012 aku sebut tahun persiapan.
persiapan merajut mimpi.
persiapan mencapai mimpi.
dan aku siap membuatnya menjadi nyata.
terimakasih. bagaimanapun, kita takkan dapat menggapain mimpi tanpa bermimpi terlebih dahulu. dan kamu telah memberikan sangat banyak waktu untuk bermimpi, jika akhirnya nanti kamu melihat mimpiku nyata, ini semua berawal dari kamu dan pengertianmu memberi ruang. 2012.

untuk 2013,
selamat datang! aku senang akhirnya kamu datang! Membawa waktu, membawa ruang untuk mimpi.
aku hanya butuh hari ini untuk menulis mimpiku, target pencapaianku. dan 361 hari sisanya akan menjadi pembuktian kemana kertas itu berjalan, menjadi nyata atau terabaikan.
aku ingin menjadi mahasiwi Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung.
aku ingin merasa siap untuk UN dan SBMPTN nanti.
aku ingin merasa layak untuk menjadi mahasiswi disana.
aku ingin kuliah tanpa membuat beban baru di pundak papah mamah.
aku ingin menikmati beberapa bulan terakhirku di sekolah menengah atas.
aku ingin namaku ada di salah satu cover novel, sebagai penulis.
aku ingin menghasilkan uang sendiri.
aku ingin membangun Panti Asuhan, Sekolah Dasar, atau sekedar tempat bermain dengan perpustakaan di dalamnya. mungkin bukan untuk tahun ini, tapi nanti.
aku ingin memiliki restoran, dimana mereka yang benar benar lapar dapat makan tanpa beban. tanpa harus memberi imbalan. mungkin bukan untuk tahun ini, tapi nanti.
aku ingin menjadi apotker, nanti.
dan aku ingin terus bermimpi.
aku menuliskannya disini, bukan semata mata ingin memajang mimpi, tapi hanya agar aku punya tanggung jawab untuk mewujudkannya.
merasa malu jika tidak tercapai, merasa risih jika hanya diam.
jadi apa mimpimu? bagaimana jika kau menuliskannya juga? siapa tau kita dapat saling mengingatkan, dan akhirnya berjalan sesuai rute masing masing. kemudian bertemu di tempat yang sama, pencapaian.
Bermimpilah, karena hanya di mimpi kita bebas. Kita boleh serakah. Tidak ada yang mustahil disana, dan untuk mewujudkannya, kita hanya perlu melakukan bagian kita dan jangan batasi Tuhan untuk menyelesaikannya. Bermimpilah. Karena jika kamu dapat menjadi apa saja dalam mimpi, kenapa di kehidupan nyata tidak? bedanya hanya pada usaha yang kita berikan, selain merangkai kita juga harus mulai bertindak. bermimpilah!
karna tahun hanyalah kumpulan dari banyak hari, mari kita memulainya dari hari ini.
dan dalan nama Tuhan Yesus, aku siap. :)
Hbu? :)

GagasMedia http://gagasmedia.net
Bukune http://bukune.com
Gammara Leather http://gammaraleather.com

Published with Blogger-droid v2.0.6