Entah ini curhat atau apa tapi gue galau.
FYI, gue ga kekurangan temen curhat, gue cuma mau lo orang tau dan kemdian bisa ingetin gue suatu saat nanti kalau gue bukan apa apa.
Jadi gini, gue amat teramat sangat percaya Tuhan punya rencana indah buat gue, di masa depan. Dan itu pasti tergenapi. Tapi sekarang, entah gue ngliat semuanya terlalu gelap, ga ada bayangan sama sekali soal janji Tuhan tentang gue kedepannya.
Well, beberapa bulan terakhir bokap bilang gue ga usah kuliah, ga ada duit. Padahal gue mau ngajuin bidik misi aja bokap gamau bikin sktm. Entah karena malu atau emang mau ngasih kesempatan ke orang lain buat ikutan bidikmisi. Dan sebagai anak yang entah kenapa telah menjadi sangat idealis, gue berontak. Gue mau kuliah. Dasar yang gue pegang, Tuhan pasti cukupin semuanya. Kalau Tuhan aja bisa ngasih uang ssegitu banyak buat pengobatan Iyang (dulu Iyang sakit Histiositosis, kemo 1,5 tahun dan biayana ratusan juta) padahal kita ga punya apa apa, masa iya cuma buat kuliah gue Tuhan ga sanggup. Gue percaya mujizat ga akan datang kalau gue mampu, kalau kita kuat, kalau kita pinter. Jadi gue ngotot, tetep ikut SNMPTN. Dan gue optimis, bukan lewat SNMPTN Tuhan bakal bawa gue ke ITB, mungkin lewat jalur tulis.
Di lain sisi gue juga plinplan banget. Gampang kepengaruh. Gue tanya lagi ke Tuhan, Tuhan ngebolehin gue kuliah atau ngga. Tapi gue malah bingung.
Otak idealis gue kemudian bergeser menjadi realistis. Gue mikir omongan mama papa ada benernya. Okelah buat semester pertama kedua gue ada duit, tapi.ke depannya? Dan lagi kalau gue ke Bandung, ga mungkin mamah papah g nganter. Padahal yang disini gabisa ditinggal. Mungkin gue akan ngerepotin aja nantinya.
Dan kemudian terbesit di pikiran gue, Tuhan mungkin jawab doa gue lewat mamah papah. Dan itu nyesek.. Idealis atau realis.. Iman atau zona nyaman.
Peraturan SBMPTN udah keluar, gue gatau bisa daftar atau ngga. Gue belajar, tapi target yang ada di depan sana terlalu remang remang. Kalau nanti gue test, apa iya papah mamah gatau. Dan pasti nyesek banget waku lo butuh dukungan lo malah harus diem diem biar masalahnya ga timbul. Fyi, gue g punya ktp. Salah satu pergumulan gue yang lain haha dan gue juga ga ada akte. Lengkap ya? Haha
Anyway sekali lagi, gue nulis bukan buat dikasihanin, bukan mau pamer masalah juga, cuma ya sebagai arsip aja. Kalau nanti Tuhan udah nunjukin kuasaNya, kalian harus percaya Tuhan gue baik.
Dan jadi apapun gue nanti, itu semata mata karna Tuhan, bukan gue.
"Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku." Mazmur 66:20. God bless you all.