Laman

Selasa, 24 Mei 2011

Roma 10 : 11`

Roma diatas maksudnya bukan Roma yang ibukota Italia yaa :D
roma diatas itu maksudnya salah satu ayat di surat cinta Tuhan buat gue (baca: alkitab)
Roma 10 : 11 itu salah satu ayat faforit gue, kenapa? karena isinya bikin gue tenaaangg
isnya "karena kitab suci berkata : barangsiapa yg percaya kepadaNya tidak akan dipermalukan"
see? TIDAK AKAN DIPERMALUKAN guys, enak banget kan?
siapa coba yang bisa ngejamin, hidup lo ga akan dipermalukan?
Tuhan doang yang bisa menn hha

oke oke, semalem gue niatnya mau belajar sejarah sama geo,
soalnya katanya hari ini kita ulangan .
berhubung gue tadi cuma bilang niatnya , ya akhirnya emang cuma niat (?) hha
endingnya gue malah buka blog dan (lagi lagi niatnya) ngepost khotbah kopel pas image kemaren,
tapi berhubung otak gue masih pentium 2, jadi agak lemot nginget nginget apa yg diomongin kopel
(gue ga nyatet soalnya) , so, postan nya belom slese, jadi di pending dulu yaaa :D
alhasil, karena semaleman gue diem ngeliatin monitor (tanpa buka slide geo)
besoknya gue ngebut deh buka buka buku and slide geo ,
yaa, geografi, hanya geografi, karena sejarah gue abaikan, hha
karna gue noni, jadi gue dapet free time selama 1,5 jam karena anak
kelas gue yang lain pada belajar agama Islam
1,5 jam itu gue pake buat ngerjain tugas seni budaya yang udah dua minggu terbengkalai
(mohon jangan ditiru) hha , makan sosis, dan dikejar kejar kucing --"
gue udah bawa buku geo , tapi gue abaikan #astaga padahal udah dikasih waktu buat ngafalin ck
abis agama, pelajran kdua itu seni budaya,
nah pas seni budaya, temen temen gue udah pada cuap cuap tuh,
ngomongin iklim lah, lapisan D, lapisan E, 78%, 21%,
pokoknya intinya mreka belajar geo ajah, pdahal pa ucan masuk hha
(jadi sekarang yg diabaikain itu pa Ucan hha maaf paa )
karena gue takut dapet nilai jelek sendirian,
akhirnya mulai dari pelajaran seni budaya, trus istirahat, sampe masuk lagi dan ga belajar sejarah
gue diem di pojokan dan ngobrak ngabrik buku geo hha
oh iya, ibu sejarahnya ga masuk (ga tau kenapa) hha untung gue ga belajar sejarah :D
pokoknya gue manfaatin tuh perut gue yang udah keisi sosis (5) dan mulut gue buat cuap cuap,
tujuannya biar si otak ngedenger, trus di catet, dan di simpen di folder baru diotak gue (?)

dan akhirnya jam menunjukan pukul 11.15
itu tandanya perang akan segera dimulai -_______- dan gue belum baca baca yg El nino dan La nina
#sinyal suram
teng teng teng, udah jam 11.30, dan pa gunawan belom dateng .
~still waiting~
teng, sekitar jam 11.37an temen gue masuk kelas dan bilang pagun sibuk dan ga jadi ulangan
GUBRAK!!
gue udah ngerelain jam istirahat gue , ngerelain mojok sendirian, ngerelain mulut gue komat kamit
sampe suara gue serak dan sekarang malah ngga jadi ulangan? No Way ~

karna ga terima, gue sama bberapa anak kelas yang ngerasa senasib sama gue
teriak teriak protes ke pagun yg lewat di lapangan .
mungkin karena Beliau terlalu muak mendengar keluhan kami,
akhirnya Beliau setuju untuk melangsungkan ulangan hari itu juga (pdahal jamnya tinggal 15 menit)

ga lama pagun dateng, kita nyiapain kertas eksekusi,
dan beliau mulai menyampaikan sepatah dua patah kata (asslamualikum)
tiba tiba disitu gue ngblank ! ya ngeblank !
astagaaa, gue udah maksa supaya kita ulangan hari ini,
jangan sampe justru nilai guenya ga bagus, malu malu in ajaa .

kaya kata orang, kita cuma inget Tuhan kalau udah kepepet,
dan gitu juga gue, gue doa saat itu (karna bener bener blank)

pagun bner, kita ulangan ga nyampe 10 menit hha mantep deh,
gue sih optimis, cuma rada ragu di nomor 6 ~
oke, gue udah doa, uda berusaha, dan gue percaya sama Tuhan,
inget Roma 10 : 11 terre .. #ngomong sendiri .

5 menit kemdian hasilnya keluar, dan tau score gue berapa?
11 choii hha .

oke , mungkin kalian aneh (mungkin juga ngga) ,
biasanya orang seneng kalau dapet score 10, atau 100,
tapi gue dapet 11 dan seneng hha

biar gue jelasin, ulangannya di dikte, dan terdiri dari 10 soal .
ga tau ga sengaja, atau iseng, atau emang direncanakan,
pagun ngasih nilai 2 di salah satu soal (kalau jawabnnya komplit)
jadi kalau di total, semuanya nilainya ada 11 .
jadi dengan kata lain, gue dapet nilai excellent guys :D

ngga ngga, gue tau ini bukan karna gue pinter atau gimana,
tapi ini karna belas kasihnyanya Tuhan,
dan ini salah satu pembuktian kebenaran dari Roma 10:11 yang gue pegang,
mungkin ini emang bukan perkara besar,
tapi Tuhan mau kita belajar dari perkara kecil bukan? :D

tapi gara gara kapasitas otak gue yang cuma sedikit dan udah kepenuhan sama geo,
gue jadi ga bisa konsen di dua pelajaran selanjutnya (bhasa Inggris and Jerman)
hoaammm, ga apa apa, yg penting geo nya memuaskan :)

anyway , udah yah ,
gue mau ngeformat otak gue dulu nih,
biar materi fisika bisa masuk hha
besok test soalnya ,
semoga bu Ida berbaik hati dan memberi soal yang ga bikin pusing duluan ck
see youu yaaa

Senin, 23 Mei 2011

Berani jadi yang beda

sabtu kemaren gue image (ibadah remaja, singakatan dari IMpacting All GEneration)
udah lama gue ga image (alasan yg dateng ke gue yaa, bukan gue yang nyari nyari alesan hha)
ya pokoknya gue ngerasa rohani gue udah bulukan gara gara ga disiram (?) hhe
berantakan banget deh, sate ajah udah bukan bolong bolong lagi, tapi emang udah ga pernah
(2 minggu terakhir) maaf ya Tuhan >.<
trus kemaren gue image, berangkat dari rumah jam 5an,
langsung cabut ke salon deboo buat nyari tumpangan, nyampe disana jam stengah enaman lewat,
truss kita jemputt anya ke cibiru :D
and endingnya nyampe ke gereja jam stengah tujuhan (lama dijalan ck)
pas kita dateng ko ricky (yang saat itu WL) udah mimpin doa,
bangku tengah juga udah penuh, alhasil kita mojok di deket pintu hha
netttt worship sama praise nya udahan, langsung ke share an nyaa yaa :D
yang share ko pele , judulnya ya yang gue jadiin jdul post ini (nunjuk ke atas)
sebenernya gue ga nyatet, jadi mumpung gue masih rada inget ,
gue buat note ajaa, biar ga lupa hha
dan ini yang masih nyangkut di otak gue :

kita ga bisa jadi 'beda' kalau hidup kita ga nunjukin perbedaan itu .
kita juga ga bisa terus terusan bilang ke orang kalau hidup kita udah berubah, udah beda,
tanpa kita ngerubah sikap kita, perilaku kita, apa yang kita lakuin ..
kalau kita cuma speak speak aja, tanpa ngubah cara hidup kita,
kita justru akan jadi batu sandungan buat orang lain.
kemaren kopel ngasih ayatnya di Yohanes 4 ayat 14 (klo ga salah)
disitu dibilang "tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."
liat. 'akan menjadi mata air di dalam dirinya' itu artinya ga akan pernah habis..

ada 3 point yg ngebuat orang susah buat jadi beda,
yang pertama itu
"nyalahin orang" , inget kan apa yg dilakuin adam sehabis makan buah yang dilarang Tuhan?
dia nyalahin hawa, dia bahkan bilang ke Tuhan "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku..."
seolah olah dia juga nyalahin Tuhan karna naro hawa disisinya,
padahal Hawa cuma nawarin, soal Adam mau ikut makan buah itu atau ngga,
itu pilihannya dia, Tuhan bilang, manusia diciptakan 'segambar dan serupa' dengan Allah,
itu tidak menandakan manusia sama dengan Allah, tapi manusia juga beda dari makhluk
Tuhan yang lain, manusia berhak menentukan pilihannya,
bisa milih mau nyontek atau ngga, mau denger Tuhan atau iblis, pilihan itu udah Tuhan kasih ..
mungkin sekarang kita bisa nge judge Adam, tapi tanpa kita sadari,
kita juga sering ngelakuin hal kaya yang Adam lakuin,
waktu masalah dateng, kita nyalahin orang, nyalahin keadaan, bahkan nyalahin Tuhan ..

yang kedua yang bisa bikin kita ga bisa 'beda' itu
karena kita masih suka "Iri hati",
iri sama kehidupan orang lain yang keliatannya lebih bagus,
kita kadang iri, ngeliat temen temen kita yang keliatan 'lebih'
atau bahkan kita juga iri, ngeliat temen kita yang justru 'lebih' karena dia curang,
dapet nilai bagus karna nyontek,
punya banyak uang karna korup,
dan ada banyak orang (termasuk gue kadang kadang) iri dan suka bilang
"kayanya orang itu nyontek boleh boleh ajah, kenapa gue ga boleh?"
"kayanya dia main game seharian boleh boleh aja, kenapa gue ga boleh?"
"kayanya dia baca novel terus boleh boleh aja, kenapa gue harus baca alkitab?"
dan masih banyak kayanya kayanya kayanya yang lain, seolah alkitab itu cuma
buku berisi banyak peraturan yang ngekang kita, padahal justru disana ada banyak
berkat yang ngga kita sadari ..
lagi lagi dapet contohnya sekitar adam dan hawa,
waktu mereka di taman Eden, Tuhan bilang mereka boleh makan SEMUA pohon
disana, dan cuma pohon yang di tengah taman yang ga boleh,
semua pohon yang ada disana sama kaya banyak berkat yang Tuhan udah siapin,
dan Tuhan cuma minta kita ga makan pohon yang bisa bikin jiwa kita mati,
mungkin kita iri sama orang orang yg makan buah itu,
tapi harusnya kita sadar, kita bisa nikmatin semua buah, dan cuma 1 yang ngga,
sedangkan mereka bisa nikmatin buah yang satu itu, tapi ngga buat yang lain,
mereka mungkin dapet nilai bagus (tapi curang), bisa jadi gamer sejati, bisa
BBMan terus, gonta ganti cowo, dan hal hal yang mungkin kita pengen lainnya,
tapi mereka ga bisa dapet lebih dari itu, mereka ga bisa nikmatin kasihNya Tuhan,
sukacaita, perhatian ortu, damai sejahtera, dan hal hal yang ga bisa dibeli dengan materi lainnya ..

yang ketiga itu ..
apa ya? gue lupa katanya, tapi kalau ngga salah sejenis sama
"Tipu Muslihat"
ada banyak ayat yang bilang kalau si iblis udah ga bisa buat apa apa lagi sama kita,
kemaren kopel ngasih beberapa, tapi yang paling gue inget itu matius 16 ayat 17-18
yang isinya "Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."
bayangin deh, semua hal diatas adalah hal yang harusnya ada di kita sebagai orang percaya,
semua hal hal yang menurut dunia ga mungkin, itu yang Tuhan janjiin akan nyertain kita,
jadi ngga ada alasan kita 'kena' sama tipu muslihat nya iblis,
baca lagi yang bagian "dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka"
kenapa disitu dituls 'minum racun maut'? karena racun itu akan selalu ada guys,
percobaan itu akan selalu ngincer kita, tapi kata kata selanjutnya bilang, percobaannya si iblis ga akan
ngebuat kita celaka, tau kenapa? karena si iblis udah dikalahkan Tuhan diatas kayu salib 2000 tahun
yang lalu, dan itu artinya, dia udah ga punya kuasa apa apa lagi atas kita,
dan untuk itu kita bisa bilang ke iblis "I am the Winner and you lose !

jadi, sekarang, tanpa ada kata kata penyalahan untuk orang lain,
tanpa ada iri yang menguasai hati,
dan dengan memegang janji Tuhan yang membuat kita tidak masuk dalam tipu muslihat iblis,
kita bisa jadi pribadi yang beda,
mendapat berkat Tuhan yang beda setiap harinya,
mengalami pengalaman yang menyenangkan dan pertumbuhan iman di dalam Kristus,
dan diberkati untuk kemdian menjadi berkat :D

NB : kata ko ricky : ketika kita mendapat berkat baru, itu artinya ada tanggung jawab baru (juga)
yang kita terima..

nah itu semua hasil IMAGE gue sabtu kemarin yang masih nyangkut,
mengutip kata orang "yang benar datangnya dari Tuhan, dan yang salah datangnya dari gue"

see you di khotbah image selanjutnyaaa,
U are blessed guys :)

Minggu, 22 Mei 2011

Bintang yang redup sinarnya ..

waktu gue baca novel laskar pelangi karyanya Andrea Hirata, gue nyesek banget waktu liat kisahnya Lintang, anak cerdas, pantang menyerah, dan bisa nularin semangatnya ke semua orang. Lintang sayang banget sama papahnya, dan gue percaya, ada rasa bangga mengalir dalam diri ayahnya atas kecerdasan Lintang ini.

tapi sayang, ia harus berhenti sekolah karena ayahnya meninggal, ia harus jadi kepala keluarga, dapet tugas yang menurut gue bukan bagiannya, dapet masalah yang ga sebanding sama umurnya, sedikit terkesan menyia-nyiakan otak jeniusnya, tidak memaksimalkan ide-idenya yang cemerlang, ia terpaksa berhenti sekolah dan harus mencari uang, entah menjadi nelayan atau buruh timah, apapun asal dapat menghidupi keliarganya.

perjuangannya, menaiki sepeda,  melewati sungai, beradu kecepatan dan kecerdasan dengan seekor buaya, hanya agar dapat duduk di salah satu bangku di gedung tua yang mereka namai sekolah, kegigihannya menantang dunia membuatnya harus terperosok kedalam jurang ketidakadilan.

dan naas,  justru karena kematian ayahnyalah, yang memaksanya berhenti, menggerogoti nurani, kenyataan baru yang pahit. mungkin ada banyak pertanyaan dalam kepala kecilnya, mengenai arah hidup, takdir, tekad, penguasa dan keadilan.

dia, sang pemberi motivasi, penyemangat hidup itu, ia menangis, bukan karena menyalahkan nasib, melainkan karena ia tak dapat melakukan apapun untuk mengubahnya. airmata warga sekolah menjadi tanda betapa ia sangat dicintai.

menyalahkan takdir, mencoba merubah realita, sedih itu berubah menjadi amarah, tapi tetap tak ada yang dapat dilakukan.

Lintang adalah salah satu anak yang dipukul kalah roda kehidupan, dipaksa merangkak dibawah cambuk perubahan zaman, dan disadari atau tidak, Lintang hanyalah salah satu dari sekian banyak bintang yang telah redup sinarnya. bahkan mungkin ide-ide cemerlang mereka, akan terkubur dengan jasad mereka, dan harapan mereka yang telah lebih dulu musnah ..

ga banyak yang bisa diharapin dari bangsa ini,
kalau justru mutiara paling berharga yang kita punya
diperlakukan jauh lebih buruk dari sampah,
bukan salah pemerintah,
bukan salah penguasa,
mungkin cuma kita yang kurang peka,
dalam mendengar jeritan hati mereka ..

Jumat, 20 Mei 2011

SUMBANGAN ILEGAL

kemaren, gue ga sengaja nonton berita,
ga jelas sih yang gue tonton apa,
soalnya gue liatnya juga pas tuh news mau iklan hha
nah pas mau iklan itu, dia (si newsnya) nayangin sekilas
berita yang mau di share stelah iklan (maaf rada muter muter kata katanya) hha
judul beritanya itu "Sumbangan Ilegal"
gue langsung mikir (asik kan gue bisa mikir hha)
sumbangan --> bantuan
illegal --> sesuatu yang dilarang hukum, liar, dll
sumbangan illegal --> bantuan yang melanggar hukum, right ?
mana ada bantuan yang melanggar hukum? judulnya aja udah 'bantuan'
emang ada UUDnya gitu soal kita ngasih bantuan?
emang kalau ngasih bantuan yang legal gimna?
kenapa juga orang ada niat baik buat ngasih bantuan pke diatur hukum sgala?
toh mereka ga merugikan kan?
~gue udah mulai nyolot sendiri ck
-----------------------iklannya lama, ade gue mulai gonta ganti chanel------------------------
-----ga lama ade gue nyerah (karna teriakan gue) dan chanelnya dipindah k stat yg tadi-------
--------------------------------------iklannya selesai :D--------------------------------------
ga lama news yang tadi ditayangin, dimulai dengan beberapa kata pengantar dari mba mbanya :D
tadinya gue udah kesel gara gara gue pikir orang Indo mau mempersulit orang yg mau ngasih
sumbangan, dan setelah gue denger berita ini, gue semakin kesel -,-
tau kenapa? karena ternyata di Indonesia ada banyak oknum oknum yang minta sumbangan
mengatasnamakan lembaga kemanusiaan atau semacamnya,
tapi nyatanya? uangnya mereka makan sendiri choii >.<
mereka minta sumbangan, bilang buat pembangunan apa lah, buat bantu korban bencana lah,
buat ini lah , buat itu lah, nyatanya? mereka pake buat kepentingan pribadi atau kelompok
dan itu yang disebut sumbangan illegal (sekarang gue stuju sama nama itu hha)
ada rasa prihatin, marah, dan malu ,
prihatin karena ternyata negara kita bukan cuma krisis ekonomi,
tapi juga krisis kepercayaan, krisis jati diri, krisis hati nurani
marah karena negara kita 'rusak' justru karena ulah kita,
dan malu karena (maaf, tapi menurut gue) bberapa warga kita ga punya malu .
waktu itu gue cuma bisa liat tuh tv (soalnya kalau gue bakar , bisa bisa gue yang dbakar bokap)
ngedenger berbagai macam alibi yang dikeluarin si pelaku,
ngeliat korban korban bencana yang kemudian ditayangin,
dan bilang "semoga Tuhan ngebantu gue jaga hati gue, supaya gue bisa (setidaknya) berperilaku
baik dan ga jadi kaya mereka yang gue liat tadi"

#ga ada manusia yang jahat, yang ada cuma manusia yang tersesat,
mereka tersesat, dan untuk merekalah kita ada :)